Home » » Mengapa Gagal Membuka Situs Dengan https di Browser

Mengapa Gagal Membuka Situs Dengan https di Browser

Saat in semakin banyak situs yang menggunakan protokol https. Selain lebih SEO, situs dengan https untuk melindungi transmisi data dari komputer user ke server penyedia website, sehingga seluruh data penting tidak terekspos dan tidak tersadap melalui jaringan internet yang kemungkinan bisa di bajak (encryption protocol).

Gagal Membuka https di Browser


Mengapa Gagal Membuka Situs Dengan https di Browser? Banyak penyebabnya, beberapa kegagalan dapat disebabkan oleh hal di bawah ini :
SSL Expired

SSL yang sudah expired akan menampilkan halaman error. SSL memiliki masa expired, maksimal ssl saat ini bisa di beli paling lama 3 tahun.

Konfigurasi salah ketika menginstall SSL

SSL bisa mengalami error apabila terdapat kesalahan ketika melakukan instalasi, misal SSL terdaftar menggunakan www, tapi di ssl tidak menggunakan www. Hal ini akan menyebabkan error ketika membuka website berbasis https.

Kesalahan Jam / Tanggal Komputer Kita

SSL error bisa di sebabkan juga dari Jam/ Tanggal dari komputer yang kita pakai, hal ini terjadi biasanya pada komputer yang baterai CMOS nya sudah habis, sehingga harus di ganti. Atau Bila anda menggunakan laptop, biasanya karena baterai laptop yang sudah lemah, sehingga menyebabkan jam tidak berfungsi baik.

Default SSL Cpanel/WHM

SSL error / not trusted bukan berarti benar-benar tidak aman, jadi bila halaman tertulis insecure/ error bukan berarti web tersebut berbahaya, alasan-alasan yang sudah di jelaskan ada di atas penyebabnya. Namun ada juga penyebab yang lain adalah SSL bawaan dari CPanel/WHM akan menampilkan halaman error pula yang terkesan website tidak aman, padahal tidak seperti itu. SSL bawaan Cpanel/WHM yg di pake juga akan menyebabkan muncul error, sehingga itu tidak masalah. Anda tetap bisa akses dengan cara klik ADD an Exception.

Browser yang tidak support teknologi SNI

SSL error muncul bisa karena anda masih menggunakan browser dengan versi lama, saat ini SSL bisa di install menggunakan Shared IP dengan teknologi SNI (Server Name Indication).

Demikian sedikit penjelasan penyebab Mengapa Gagal Membuka Situs Dengan https di Browser.

Sumber: http://blog.atriumhosting.com/